Cara berhemat yang super hemat ala anak kost




Buat kain yang bentar lagi bakalan jadi anak kos kalian perlu banget buat ngebaca tulisan aku ini sampai habis. Kenalin aku nimas, udah jadi anak kos hampir 10 tahun (9 tahun sih). Buat kalian yang kebetulan bukan anak dari orang yang beruntung dalam perekonomian, simak beberapa tips dari aku.

Yang pertama, di awal bulan kalian perlu banget yang namanya membuat estimasi dana. Estimasi dana ini berguna buat kalian mengira-ngira apa saja kebutuhan yang kalian perlukan dan berapa julahnya, kalian juga akan terlatih buat stop beberapa pengeluaran yang tidak diperlu-perlu banget.

Yang kedua, evaluasi pengeuaran tiap akhir bulan. Evaluasi ini berguna buat kalian tahu banget berapa kebutuhan yang kalian perbulannya.dan meata ulang estimasi kebutuhan pada bulan berikutnya.

Yang ketiga, berhemat. Pernah denger kan “hemat pangkal kaya”.yups kalian harus menekan biaya pengeluaran, sebisa mungkin jangan lihat cara hidup orang lain. Yang kita butuhin adalah komitmen pada diri kita sendiri. Sedikit cerita, ini tahun 2017 dan ukuran makan 3000 perhari itu nggak normal. Normal aja kalau itu adalah aku. Makan adalah pengeluaran yang sangat besar dan paling mendominasi, tapi pengeluaran dalam makan adalah hal yang paling bisa ditekan. Masak nasi sendiri jangan beli diwarung. Cukup beli sayur dan lauk aja. Namun sesekali jajan diluar juga perlu lo…Serius. Serius kalian perlu hemat ekstrim, ini akan melatih mental kalian jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kalian nggak akan kaget. Ini bukan pelit ini soal menjalani sebuah prinsip hemat.

Yang keempat, hemat aja nggak cukup. Kalian harus menabung. Kalian yang kebetulan masih dapat uang jajan dari orang tua, bersyukurlah karena orang tua kalian masih mampu buat kasih kalian uang. Tapi kita nggak tau kan sampe kapan hal itu akan bertahan. Targetkan menabung tiap bulannya.

Yang kelima, menabung aja nggak cukup. Kalian musti berinvestasi. Investasi banyak bentuknya. Kalian bisa investasikan untuk kursus kalian bisa daatkan keterampilan, kalian bisa investasikan kekayaan lewat memulai bisnis baru atau simpan dalam bentuk emas, ternak atau investasi bidang lain.

Yang keenam ingat harta yang kaian terima selama ini adalah titipan dari Alloh jadi, selalu ada bagian dalam rezekimu yang wajib dishodaqohkan. sebagai umat yang beragama kalian mesti tau dong kalau shodaqoh itu sebagai pencuci harta. lebih lengkapnya manfaat shodaqoh kalian bisa googling. Insyaalloh sdengan bershodaqoh hidup jauh lebih barokah.

Jadi guys itu dia sedikit tips dari aku berdasarkan pengalaman aku pribadi. Secuil cerita dari aku, dulu aku punya tabungan dari SD ngumpulin uang dari 100 rupiah tiap harinya dan beasiswa BOS yang Alhamdulillah bisa buat aku daftar sekolah sendiri, sebagian aku investasikan untuk beli kambing dan investasi bibit sengon, Alhamdulillah bisa buat hidup merantau kuliah. Siapun kalian bagaimanapun keadaan kalian sekarang bukan waktunya kita buat menyalahkan keadaan tapi mulailah berdamai dengan keadaan dan memengkan keadaan. 

Semoga postingan aku kali ini bermanfaat buat kalian. Kalau ada yang ingin kalian tanyakan boleh banget kontak aku by email nimaz.firdausa@gmail.com  atau DM aku di instagram @nimas_firdausa.

Post a Comment

0 Comments