jadi Dresser lalu fahion designer



Jadi apa maksud dari judul diatas? Nggak ada maksud apa-apa kok. Sejak seminggu ini aku super sibuk dan cape jadilah baru hari ini bisa posting tulisan. Jadi ceritanya tanggal 2-4 Februari 2017 ini kan ada Jogja fashion Festival di Ambarokmo Plaza, disini aku jadi Official Dresser gitu.

Apaan tuh Dresser?
Dengan istilah lain kami disebut Fitter. Aku lebih suka dibilang Dresser sih. Tugas kami bantuin baju dan aksesoris para model. Gitu doang? Eh jangan salah, buat yang belum terbiasa bakalan kaget dengan tugas yang dianggap sepele ini. Kebetulan aku udah berkali-kali jadi Dresser di acara Fashion Show di Kota pelajar ini. Jadi udah agak gesit dalam menjalankan tugas…😎😎😎😎Dalam waktu 30 detik hingga 1 menit kami harus bisa pakein baju model lengkap dengan aksesorisnya yang bisa dibilang kadang super heboh. Karena kan nggak semua baju ready to wear.
h-1 kita fitting, jadi baju yang di hari kedua fitting di hai pertama, yang show dihari ketiga fitting dihari kedua, semoga kalian faham dengan apa yang aku omongin. 

Wah tugasnya enak ya?
Jangan salah, kita harus siap lahir batin, salah-salah baju yang ditampilin bisa aja nggak aksimal dia atas stage. Jadi sebelum  model tampil kita harus memastikan apakah baju yang dipakai bener-benar sudah lengkap beserta aksesorisnya? Pakah tidak ada sisa benang yang masih tertinggal dibaju? Apakah turban/ jilbab yang dikenakan tidak akan lepas distage? Pokoknya semuanya harus dicek.

Upah/gaji?
Nanya soal upah dan gaji tiap sesi beda-beda tergantung dari yang ngadain acara. Selama aku jadi official dresser upah yang aku terima antara 100 ribu-300 ribu persesi. Lumayan lah ya buat ukuran kerja yang nggak pake banyak mikir.

Banyak ketemu orang hits?
Ya bisa dibilang begitu. Nggak cuma desainer terkenal aja loo yang bisa kita ajak foto bareng d backstage.  Para bintang tamu dari kalangan penyanyi juga basanya dengan senang hati lo dimintain tanda tangan dan foto bareng.
Jujur aja aku nggak begitu seneng foto apalagi minta tanda tangan. Beberapa Desainer papan atas yang sempet enak diajak ngobrol sejauh ini ada ivan gunawan, lenny agustin, dian pelangi mereka bener-bner orang yang enak banget buat ngobrol soal fashion. Apalagi Ivan Gunawan, baik banget mau kasih tips sedetai mungkin.

Mau jadi dresser lagi?
Kalau dikasih kesempatan lagi, aku dengan senag hati menerima. Aku seneng liat baju bagus mempelajari teknik jahit baru dan aku juga seneng banget bisa belajar banyak hal buat bekal nantinya kalau aku dikasih kesempatan buat jadi Fashion Designer.
Ini dia dress terbaik waktu show kemarin versi aku. by ivan gunawan. model ka @Dinamaharita dari jakarte. orangnya cantik pisan eu... photo by @leondshen
Menurut aku, para calon desainer harus tau suasana backstage yang sebenernya, jumlah dresser official, keterampilan dresser official harus diimbangi dreeser dari desainer biar nggak bikin suasana backstage makin riweuh.

by eko tjandra at ambarukmo plaza.


maaf  ga tau ini photo by siapa. aku amil dr @palzaambarukomo
baju cowo juga ada. abangnya ganteng ya.. ngaak tau namanya siapa😍😍😍 kalo ga salah @eric_longhurst
karena sibuk di backstage jadi nggak bisa ambil photo sama sekali. gambar. fto semua aku ambil dari Instagram jadi so so sorry ya...
Oke itu aja curhatan aku di minggu ini, semoga bemanfaat buat kalian yang bertugas di backstage. See u on next post

Post a Comment

0 Comments