Tutorial membuat mukena travel/ abaya sholat





Hi ladies. Weekend gini kalian ngapain aja sih? Kepoin mantan? Atau sibuk ngurusn olshop? Atau jalan sama temen? Apapun kegiatan kalian, semoga bermanfaat deh ya…

Aku mau cerita kegiatan aku kalo lagi weekend. Kalo enggak masak-masak, mesti jahit-jahit atau ngegambar atau apa ajalah yang penting bikin aku nggak sibuk mainan gadget. Yang ada ntar kalo cek hape bawaannya mupeng liatin olshop kalo nggak ngepoin si doi. Hes hes hess….

Hari ini tanggal 26 februari 2017 nih ceritanya aku lagi bongkar-bongkar lemari dan nemu banyak banget kain-kain yang biasa aku sebut sebagai investasi (baca:Cuma beli males bikin baju).  Akhirnya kuputuskan hari ini buat bikin abaya sholat atau mukena travel ala aku. Yang akan aku buat ini kayak model tunik ya… jadi bukan yang ponco.

Simpel banget dan super gampang bikinnya. Kain yang aku gunain biasa disebut kain kusut, ini jenis kain parasut tapi agak tebel dan punya tektur yang kusut. Kain jenis ini bisa kalian dapatkan ditoko bahan vinil atau tempat jual bahan-bahan tas gitu kalau kalian di Jogja kalian bisa dapetin di LIMAN. Aku lupa belinya kapan tapi kayaknya harga masih sama insyalloh 11.000/meter.

Oke, langsung aja  ya, simak cara aku bikin abaya (baca: mukena travel).
Bahan Yang kalian butuhin:
kain kusut
 
macam-macam renda
·         2 meter kain kusut atau bisa diganti jenis kain lain yang punya karakteristik kurang lebih seperti kain kusut. 2 meter bisa dipakai untuk orang tinggi sekitar 150-160 cm. jadi panjang kain disesuain tinggi badan ya..
·         1 meter renda, kalian bisa pilih jenis renda apa aja yang kalian suka bisa renda air renda pita atau renda aplikasi lain.(untuk hiasan pada lengan dan penyelesaian leher)
·         Benang sesuai warna bahan

Alat yang bakalan kalian gunain:

alat yang dibutuhkan
mesin jahit kesayangan. udah membersmai sejak 2009. hadiah dari ayah karena rajin belajar👯

·         Mesin jahit
·         Gunting kain
·         Jarum pentul jika perlu
·         Kapur jahit
·         Meteran

Dan langsung mari kita eksekusi:😎

  • ·         Lipat kain menjadi 2 bagian dengan arah memanjang (bukan arah melebar ya)
  • ·         Lalu lipat lagi menjadi ¼ bagian kain dengan arah memanjang
  • ·         Potong juga lengan panjang lengan disesuaikan dengan panjang yang diinginkan ya
  • ·         Potong kain untuk lapisan leher bagian  belakang

·         Yuk pindah ke mesin jahit, 

  1. Pasang renda pada lengan dengan jarak kurang lebih 5 cm dari ujung lengan
  2. Pasang renda pada bagian lingkar leher depan, dengan cara renda langsung ditindas diatas kampuh yang telah dilipat keluar.
  3. Satukan bagian bahu depan dan belakang dengan kampuh balik
  4. Pasang lapisan pada leher bagian belakang
  5. Satukan lengan dengan badan
  6.   Selesaikan sisi badan dan sisi lengan dengan dijahit
  7. Ulang jahitan pada bagian ketiak karenaa bagian ini lebih rawan lepas jahitannya
  8.  Selesaiakan kampuh lengan dan kampuh mukena dengan dijahit tindas
  9. Selesai
*) bisa ditambah dengan membuat tasnya. agar bisa lebih praktis



Emang prakteknya nggak semudah yang aku tulis. Hehe. Waktu pembuatan untuk mukena tadi sekitar  1-2 jam., cepet kan ya. Dan buat nulisnya Cuma butuh waktu 10 menit. Hahaha. Kalian bisa buka usaha  loh.. dengan modal kurang lebih 25.000 aja kalian bisa jual 75.000. nah lo, lumayan banget kan.
Kalau kalian pengen belajar langsung, boleh banget bisa hubungi ku via DM instagram @nimas_firdausa atau kontak aku via WA 085878770354. Aku juga jual abaya di akun ig @bynimasfirdausa
 Atau kalian mau belajar mendesain baju, membuat pola,hingga menjahitnya, aku siap ngebantuin. Buat kalian yang ada di jogja, bisa belajar tatap muka bareng aku.
Semoga tulisan aku kali ini bermanfaat. See u next post.

Post a Comment

1 Comments