Belajar membuat henna/ mehendi #1




Hi every body, aku kali ini mau berbagi ilmu soal henna.Tau kan ya yang sering gambar yang biasanya ada di tangan pengantin-pengantin wanita gitu. ada berbagai sumber yang menyatakan kalu henna itu berasal dari india. Ada juga yang berpendapat henna berasal dari timur tengah yang kemudian dibawa ke India dan di India diadikan sebagai salah satu ritual wajib bagi pengantin. Adapun kata henna terebut berasal dari bahasa latin untuk tanaman lawsonia Inermis yang diucapkan oleh orang arab sebagai hinna. 
Tumbuhan henna bisa mencapai ketinggian 4 sampai 6 kaki dan dapat ditemukan di Negara yang memiliki iklim panas. kalo soal sejarah aku mah bukan ahlinya.hehe..
ini dia karya henna aku yang pertama, masih beum rapi dan garisnya belum luwes ya? pemain baru soalnya.

Aku pernah cobain pake semir rambut, karena rekomendasi dari kenalan gitu ceritanya. Hasilnya awet banget, bisa sampe sebulan. Tapi…L hal itu nggak memberiku kabar gembira.  Tangan aku jadi merah-merah bengkak gitu. padahal di tangan orang-orang nggak ada masalah. Aku kira karena aku kurang menjaga kebersihan. Nekat aku coba lagi pake tuh semir buat nge henna, walhasil tangan aku bengkak merah dan gatal banget. Kapok sudah, nggak lagi-lagi.
ini juga termasuk henna aku yang paling awal, dan gambar itu udah nemplok di tangan aku selama sebulan loh.. dan ada rasa gatel dan panas selama hampir dua bulan karena bahan yang aku pake adalah semir rambur. tau bukan buat kulit malah dipake. rasain lo nim... hiks

Adapun henna itu sebenarnya hanya punya satu warna yaitu warna orange yang kemudian berubah meggelap. insyaalloh hasilnya bakal aku post next time. selama ini aku pakai henna yang menurutku aman. henna racikan dengan pewarna kulit tapi setelahh mengenal henna natural aku cuma gunain henna natural dan white henna. 
Sekilas tentang henna putih atau white henna, henna putih sebenarnya hanya body painting bukan termasuk kategori henna. henna putih bisa hilang dengan air dengan cara digosok-gosok atau dengan makeup remover. untuk lebih lengkapnya baca posting aku berikutnya ya.. 
Jadi ini beberapa hasil karya aku selama belajar. Bisa juga dilihat di akun instagram aku @nimas_firdausa. Alhamdulillah sekarang aku berprofesi sebagai henna artist di Yogyakarta dan kadang juga dapat panggilan buat ke kota sekitarnya, kayak Wonosobo, Temanggung, Mageang, pernah juga Cilacap. yang mau dihenna cantik boleh banget mamapir ke tempat aku loh.. mau gratis juga boleh... 

henna dengan cat acrilic
Oke sekian dulu yah tulisan aku soal henna, yang penting belajar terus, latihan terus.next di part 2 ya...
narsis dulu lah yaw

Post a Comment

0 Comments