Menu diet sehat ala anak kost



Hai guys, pernah nggak sih denger temen kalian bilang “Duh berat badan aku naik nih”. Padahal pada kenyataannya mereka udah mengurang porsi makan. Atau mungkin kalian salah satu dari beberapa orang yang berkeluh seperti itu. Mau diet yang efektif kayak para artis, tapi nggak ada duit? Mau diet mayo, tapi nggak betah lama? It’s oke. Yang perlu kalian dalam diet adalah komitmen dan pemahaman dengan apa yang kalian butuhkan untuk asupan kalian. 


Kalian udah tau dong berapa angka kebutuhan gizi yang kalian butuhin, kurang lebih adalah 2000 kkal, seperti yang tertulis di biscuit atau minuman kemasan atau jajanan apa aja yang di pajang di rak-rak toko-toko. Tapi, untuk lebih detailnya kalian bisa coba liat daftar angka kebutuhan gizi dari direktorat gizi departemen kesehatan republic Indonesia.
Bakalan banyak banget yang aku tulis kalo semuanya aku sampein disini. Pada intinya kebutuhan gizi tiap orang berbeda, perbedaan itu dikarenakan jenis kelamin, usia,dan tentunya juga kegiatan sangat berpengaruh pada angka kebutuhan gizi.

Buat para ciwi-ciwi anak kost yang rata-rata usia 18 sampai 25 an angka kebutuhan gizi 2000 sampai 2200 kkal. So, apa donk perlu dikonsumsi buat para ciwi-ciwi kos yang punya motto hidup “hemat pangkal kaya”. 

1.       Konsumsi banyak air. Ingat, banyak bukan berarti banyak banget. Semuanya ada takarannya minimal 2 liter. Dan asli ini work banget. Udah banyak yang buktiin.
2.       Sebisa mungkin kurangi makanan yang diolah dengan minyak atau di goreng. Kalo perlu masak sendiri aja dengan direbus.
3.       Jangan terlalu banyak konsumsi kalori. Orang diet juga butuh kalori loh. Tapi kuantitasnya aja yang dikurangin. Dan perlu diingat banget, walaupun dalam keadaan diet, menu sarapan harus ada karbohidratnya. Kalian bisa konsumsi crakers atau buah yang mengandung karbohidrat.
4.       Jangan makan makanan berat setelah jam 6 sore. Ini sangat mempengaruhi kerja lambung kalian loh.
5.       Kalian kudu bisa ukur banyaknya kalori maupun lemak dalam makanan yang kalian makan.
6.       Pada saat makan, sebisa mungkin kunyah makanan 32 kali. Hal ini mengurangi kerja keras lambung, dan mempermudah penyaluran gizi pada tubuh kita.
7.       Sebisa mungkin jangan konsumsi mie instan sekalipun anak kos-kosan yang serba harus irit.
8.       Contoh menu hariaan diet ala anak kos

Nilai kalori dihitung dengan menjumlahkan kalori dari protein, lemak, dan karbohidrat
Pagi
Siang
Sore
Crackers biscuit +infus lemon  water
Nasi merah +segala sayur yang diolah dengan direbus
Ubi manis/pisang rebus +yogurt
Susu kedelai+ 1 buah pisang
Nasi merah + sayur oseng dengan minyak minyak
Tahu rebus dan saus sesuai selera + jus  alvocado
dll



Contoh menu diats tadi dihitung rata-rata  400 kkal, jadi dikhususkan yang diet super ketat aja ya... Dan kenapa menunya gitu aja karena menu anak kos yang serba dibatasi oleh budget. Seluruh isi tulisanku kali ini berdasarkan pengalaman temen kostku yang punya basic di bidang perhitungan gizi dan Alhamdulillah berhasil turun 12 kg dengan aman karena membiasakan membatasi asupan kalori dari lemak dan gula. Jangan lupa sertakan olah raga ringan setiap harinya ya..

 Oke, mungkin itu aja yah yang kali ini aku tulis. semoga bermanfaat...

Post a Comment

0 Comments